Para Pedagang dan Pembeli Cemas Harga Bawang Terus Naik

Tak hanya pembeli, para pedagang pun mencemaskan lonjakan harga bawang. Harga bawang yang semakin mahal di juga terjadi di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.
Pantauan di Pasar Keramat, bawang merah dijual Rp 48.000 dan bawang putih Rp 36.0000/kg. Dalam kondisi normal, bawang merah di pasar tradisional ini hanya dijual Rp 20.000 sedangkan bawang putih Rp 18.000/kg. Namun pernah pula harga bawang merah melonjak hingga Rp7 0.000 dan bawang putih Rp 40.000/kg.

Harga bawang mulai naik karena pasokan dari pulau Jawa berkurang. Sampai saat ini, pemenuhan sejumlah komoditas kebutuhan dapur di daerah ini didatangkan dari luar daerah, termasuk bawang yang umumnya didatangkan dari Surabaya.

Pedagang di pasar-pasar tradisional mendapatkan bawang dari agen yang mendatangkan dari Jawa. Namun saat ini pasokan berkurang sehingga harga naik dan pembelian pun tidak bisa sebanyak biasanya.

Menurut informasi, hal ini disebabkan karena banyak petani bawang di Jawa gagal panen, makanya pasokan bawang berkurang. Karena harga di agen naik, maka para pedagang melakukan penyesuaikan harga supaya tetap bisa mendapat keuntungan walaupun sedikit. Kalau mereka menjual dengan harga terlalu tinggi juga tidak bisa karena orang tidak mau membeli.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *