Pemerintah Malaysia Berminat Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Pulau Sebatik

Pemerintah Malaysia berminat membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, dengan kapasitas sekitar 400 megawatt (mw). Pembangunan pembangkit tersebut merupakan usulan Pemerintah Malaysia melalui negara bagian Negeri Sabah yang berbatasan langsung dengan Pulau Sebatik (Indonesia).

Pemprov Kaltara menyambut baik usulan pemerintah negara tetangga Malaysia yang berminat membangun PLTU di Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan dengan kapasitas yang lumayan besar. Pemprov Kaltara juga bersedia memfasilitasi dengan memberikan izin sesuai dengan kewenangan karena peluangnya sangat besar dengan kerja sama yang saling menguntungkan kedua negara.

Kerja sama tersebut dapat dilakukan dengan cara konsorsium yang melibatkan perusahaan lokal karena biayanya diperkirakan mencapai 1 juta dollar AS per satu mw. Pemprov Kaltara memilih Pulau Sebatik sebagai lokasi pembangunan PLTU karena Malaysia telah membangun transmisi dari Tawau menuju Pulau Sebatik sehingga melanjutkan ke wilayah Indonesia di Kabupaten Nunukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *