Harga CPO Sentuh Level RM 2.662 Per Metrik Ton

 

Harga crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah terus mengalami peningkatan. Adanya dugaan penurunan stok Malaysia menjadi katalis positif yang menopang kenaikan harga. Mengutip Bloomberg, harga CPO untuk kontrak pengiriman Juli 2016 di Malaysia Derivative Exchange, Senin (9/5) pukul 18.50 WIB melambung 1,29% menyentuh level RM 2.662 per metrik ton.

 

Dalam 14 bulan terakhir diduga stok CPO Malaysia masih akan turun ke level terendah. Namun saat ini memang pasar masih menanti Malaysia Palm Oil Board resmi merilisnya.

 

Menurut prediksi Bloomberg Survey, penurunan stok Malaysia mencapai 1,82 juta ton, sekitar 3,7% pada April 2016. Jika prediksi yang ada benar, maka akan terjadi penurunan sembilan kali beruntun terhadap stok CPO Malaysia. Periode penurunan terpanjang sejak Juni 2013.

 

Produksi Malaysia sendiri pada April 2016 diprediksi meningkat sekitar 9% menjadi 1,33 juta ton.  Meskipun demikian kenaikan yang ada dinilai belum mampu mengimbangi keringnya pasokan. Mengingat penyebab kekeringan pasokan yang saat ini terjadi adalah El-Nino yang diduga masih akan terus melanda.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *