KPPU Minta Pemerintah Bebaskan Kuota Impor Komoditas Bawang

 

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengajukan usulan pembebasan kuota impor untuk beberapa komoditas seperti kedelai dan bawang putih mengingat 90% tidak diproduksi dalam negeri. Dimana kebijakan pemberlakukan kuota impor selama ini dinilai menjadi sumber persoalan yang mengakibatkan munculnya kompetisi tidak sehat. Salah satunya impor bawang putih yang menjadi semakin mudah menghadapi penyimpangan jika dibayangi dengan kuota seperti sekarang ini.

 

Usulan KPPU tersebut juga mengacu pada penyelidikan kasus kelangkaan daging yang menjadikan proses pembagian kepada para importir sulit untuk ditentukan. Terlebih lagi dengan ditemukannya pengusaha yang mengajukan impor sapi berkapasitas kandang 20.000 ekor, namun kuota yang mereka dapatkan mencapai 200 ekor sehingga hal tersebut menimbulkan masalah.

 

Dengan demikian pembebasan kuota komoditas tertentu dinilai lebih efektif. Sedangkan persaingan usaha dan penegakan hukum pada dasarnya tidak dapat sepenuhnya diserahkan pada KPPU, namun juga harus melibatkan pemerintah. Sehingga KPPU tetap dapat menjalankan fungsinya dalam memberikan rekomendasi kebijakan pengembangan usaha tanpa perlu mengkhawatirkan penegakan hukum.

One thought on “KPPU Minta Pemerintah Bebaskan Kuota Impor Komoditas Bawang

  • 17 Juli 2016 at 05:14
    Permalink

    I could read a book about this without finding such real-world aprhsacpeo!

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *