Indonesia Raih Sertifikasi Kayu Hutan Legal dari Uni Eropa

Indonesia berhasil meraih sertifikasi untuk produk kayu hutan legal dari Uni Eropa melalui Perjanjian Kerja Sama Sukarela Penegakan Hukum, Tata Kelola dan Perdagangan Bidang Kehutanan atau FLEGT-VPA yang negosiasinya berhasil digolkan oleh Kementerian Luar Negeri RI.

 

Menlu Retno mengungkapkan bahwa FLEGT-VPA di gagas berdasarkan acuan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) yang telah dibangun sejak tahun 2003. Kemudian negosiasi antara Indonesia dengan Uni Eropa dimulai sejak 2007.

 

Indonesia dan Uni Eropa telah menandatangani perjanjian kesepakatan pemberlakuan lisensi tersebut pada 2013 dan proses ratifikasinya selesai di tahun 2014. Sementara saat ini Indonesia menuju pelaksanaan FLEGT ‘license’ (lisensi) yang merupakan proses panjang dan tidak mudah. Hal tersebut memerlukan komitmen kuat dari pihak pemerintah dan swasta.

 

Komitmen Uni Eropa menurut Menlu RI dalam menjalankan FLEGT untuk produk kayu Indonesia ditunjukkan ketika Presiden Joko Widodo mengunjungi Institusi Uni Eropa di Brussels, Belgia dengan berbicara langsung kepada presiden Parlemen, Komisi, Dewan Eropa pada tanggal 21 April 2016.

One thought on “Indonesia Raih Sertifikasi Kayu Hutan Legal dari Uni Eropa

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *