Harga Bersaing, Kemtan Batasi Impor Jagung

Kementerian Pertanian (Kemtan) mengungkapkan impor jagung dibatasi dengan alasan harga jagung lokal yang selalu kalah bersaing dengan harga jagung impor, meskipun seperti yang diketahui jagung impor telah dikenai Bea Masuk (BM) sebesar 5%.

 

Bukan hanya karena harganya yang rendah, subsidi dan kemudahan bagi importir jagung yang telah diberikan oleh negara pengekspor jagung terkait pembayaran juga turut berpengaruh. Dimana pembayaran jagung impor dapat dilakukan enam bulan setelah jagung sampai di negara importir.

 

Padahal jika hal tersebut dibiarkan berlangsung, Indonesia diprediksi tidak akan pernah menuju swasembada jagung. Maka dari itu Kemtan mengambil langkah pembatasan impor jagung.

 

Dengan tujuan meningkatkan produksi jagung lokal, anggaran besar bagi tanaman jagung, beras dan kedelai (pajale) sebesar Rp 8 triliun tahun 2016 ini telah disediakan oleh Kemtan. Sedangkan untuk peluang impor jagung hanya dibuka bagi Perum Bulog.

 

Sementara itu, impor jagung dibatasi sebesar 1.000 ton pada tahun 2016 dengan kuartal pertama 600.000 ton sudah masuk ke Indonesia.

One thought on “Harga Bersaing, Kemtan Batasi Impor Jagung

  • 17 Juli 2016 at 06:30
    Permalink

    CAHIRUL, HIJO MIO… VEO QUE TE SIENTES IGUAL QUE TU PADRE… QUE TE PARECE SI EMPEZAMOS POR EL PRINCIPIO: VAMOS A DEBATIR TU Y YO TRASLADÁNDONOS AL TEMA DE MEDICINA ALTERNATIVA.SIN USO DE ALTISONANTES, SOLO ARGUMENTOS CONCRETOS. SI NO PUEDO CONTIGO ME DESAPAREZCO, Y SI TU NO PUEDES TE SACAS A LA CHINGADA. QUE TE PARECE.VAMOS ENTENDIENDONOS, ME INTERESA DEMOSTRAR AL PUBLICO LO IGNORANTES QUE SON TODOS LOS IDIOTAS ESEpSTICOP.CsEero tus NEGACIONES, caracteristica del esceptico PENDEJO.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *