Indonesia Ratifikasi Piagam Pembentukan CPOPC

Berdasarkan pertimbangan Pemerintah Republik Indonesia, tahun lalu telah ditandatangani Piagam Pembentukan Dewan Negara-negara Produsen Minyak Sawit yang dilakukan di Kuala Lumpur, Malaysia. Pada Mei 2016, Presiden Joko Widodo melakukan penandatanganan Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2016 mengenai Pengesahan Piagam Pembentukan Dewan Negara-negara Produsen Minyak Sawit atau Charter of the Establishment of the Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC).

 

Dalam Perpres tersebut ditegaskan bahwa jika terjadi perbedaan penafsiran antara naskah terjemahan Persetujuan dalam bahasa Indonesia dengan naskah aslinya yang dibuat dalam bahasa Inggris, maka yang berlaku merupakan naskah aslinya dalam bahasa Inggris.

 

Selain itu disebutkan bahwa pembentukan Dewan Negara-negara Produsen Minyak Sawit dinilai mampu memberikan dorongan bagi pelaku usaha kelapa sawit, khususnya pekebun untuk lebih meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian nasional.

 

Menjadi negara produsen minyak sawit terbesar di dunia, berdasarkan Perpres tersebut, Indonesia berkepentingan untuk terus memperkuat dan mengembangkan industri minyak sawit sehingga terus berperan terhadap pembangunan perekonomian nasional meskipun masih sering ditemui hambatan, isu dan perdagangan lingkungan misalnya. Maka dari itu, Indonesia memelopori pembentukan Dewan Negara-negara Produsen Minyak Sawit.

One thought on “Indonesia Ratifikasi Piagam Pembentukan CPOPC

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *