Indonesia – Rusia Sepakat Pererat Kerja Sama Strategis

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa kunjungannya ke Rusia kali ini untuk mempererat kerja sama strategis dalam bidang ekonomi, investasi dan pertahanan.

 

Kedua kepala negara sepakat terus mendorong investasi Rusia di Indonesia, seperti dalam sektor infrastruktur dan maritim. Termasuk memperdalam kerja sama pemberantasan terorisme dengan meningkatkan pertukaran informasi intelijen dalam bidang terorisme.

 

Usai pertemuan bilateral Indonesia-Rusia juga ditandangani 5 perjanjian kerja sama yang meliputi:

  1. Persetujuan Pemerintah Federasi Rusia dan Pemerintah Republik Indonesia tentang Kerja Sama Bidang Pertahanan, ditandangani oleh Menlu Rusia Sergei Lavrov dan Menlu Retno Marsudi.
  2. Program Kerja Sama Bidang Kebudayaan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Kementerian Kebudayaan Federasi Rusia Tahun 2016-2018, ditandatangani Menteri Kebudayaan Federasi Rusia Vladimir Medinsky dan Menlu RI Retno Marsudi.
  3. Nota kesepahaman Kementerian Luar Negeri Federasi Rusia dengan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia tentang Kerja Sama Bidang Arsip, ditandatangani Menlu Rusia Sergei Lavrov dan Menlu Indonesia Retno Marsudi.
  4. Pernyataan Bersama Badan Federal Bidang Perikanan Federasi Rusia dengan Kementeriaan Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia tentang Saling Pengertian dan Kerja Sama Bidang Penanggulangan Illegal, Unreported dan Unregulated (IUU) Fishing, ditandatangani Wakil Menteri Pertanian/Kepala Badan Federal Rusia Bidang Perikanan Ilya Shestakov dan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti.
  5. Nota Kesepahaman Mngenai Kerja Sama Bidang Kearsipan Badan Federal Kearsipan Federasi Rusia dengan Arsip Nasional Republik Indonesia, ditandatangani Kepala Badan Federal Kearsipan Rusia Andrei Artizov dan Kepala ANRI Murtari Irawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *