Harga CPO Masih Harapkan Momen Ramadhan

Harga crude palm oil (CPO) alias minyak sawit mentah memiliki kesempatan meningkat dalam waktu dekat. penguatan harga tersebut didukung kebutuhan CPO menjelang Ramadhan yang meningkat.

 

Mengutip Bloomberg, Selasa (24/5) pukul 15.40 WIB, harga CPO untuk kontrak pengiriman Agustus 2016 di Malaysia Derivate Exchange menguat 0,76% menuju level RM 2.511 atau US$610 per metrik ton dibanding sehari sebelumnya. Namun CPO masih tergerus selama sepekan terakhir.

 

Semakin murahnya harga CPO menjelang Ramadhan menjadikan sejumlah negara seperti Timur Tengah dan India mulai meningkatkan impor dari Indonesia. Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, kebutuhan CPO, khususnya minyak sayur memang cenderung meningkat.

 

Indonesia juga berencana melakukan ekspor CPO ke kawasan Eropa Timur dan Rusia sehingga harga CPO dinilai meningkat menjelang akhir bulan. Diperkirakan, pergerakan harga CPO akan berada di kisaran RM 2.600 – RM 2.800 per metrik ton mulai saat ini hingga Juli mendatang.

 

Produksi CPO Malaysia juga diprediksi akan mengalami penurunan menjadi sekitar 18,4 – 18,8 juta ton di tahun ini. harga CPO hingga akhir semester pertama tahun ini diduga bergerak pada kisaran RM 2.400 – RM 2.600 Per metrik ton.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *