Pemerintah Stop Impor Jagung Mulai Tahun 2017

Kontroversi mengenai kebijakan pembatasan Impor Jagung yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pertanian (Kemtan) tahun ini sepertinya masih akan berlanjut hingga tahun depan. Rencananya, bukan hanya akan membatasi Impor Jagung, namun tahun depan Kemtan juga menutup penuh jalan Impor Jagung.

Kebijakan tersebut diambil dengan mempertimbangkan produksi jagung lokal yang telah mencukupi kebutuhan perusahaan pakan ternak selaku pihak importir jagung selama ini. rencana tersebut juga telah disampaikan kepada pengurus Gabungan Perusahaan Makanan Ternak (GPMT) pada pertemuan yang dilaksanakan hari Senin (23/5) lalu. Sebagai gantinya Kemtan berharap perusahaan pakan ternak menggunakan jagung yang dibeli dari petani lokal.

Impor Jagung Indonesia saat ini telah ditekan lebih dari 50% dibandingkan tahun 2015 lalu. Jika tahun lalu impor jagung mencapai 3,1 juta ton, maka di tahun 2016 ini hanya menyisakan 1 juta ton.

Bahkan realisasi impor jagung hingga bulan Mei ini baru mencapai 700.000 ton dan didatangkan melalui Perum Bulog. Masih belum ada tanda-tanda dari Kemtan untuk merekomendasikan sisa kuota impor sebesar 300.000 ton.

Meskipun penutupan impor jagung telah diputuskan saat ini, stok dan kondisi jagung dalam negeri di akhir tahun masih perlu diperhatikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *