Rekomendasi Impor Bawang Segera Diterbitkan Guna Kendalikan Pasokan Pangan

Kemtan (Kementerian Pertanian) telah mengeluarkan rekomendasi untuk impor daging sapi sebanyak 10.000 ton kepada PT Berdikari (Persero). Rekomendasi tersebut merupakan dasar bagi perusahaan BUMN tersebut guna mengajukan izin impor kepada Kementerian Perdagangan (Kemdag). Selain itu, menyusul keputusan impor bawang merah menjelang Ramadhan oleh pemerintah, Kemtan juga akan segera mengeluarkan rekomendasi impor bawang merah.

Pemerintah telah memutuskan mengimpor bawang merah dengan jumlah 2.500 ton dan daging sapi sebesar 10.000 ton. Impor tersebut akan dilaksanakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Perum Bulog dan PT Berdikari. Diharapkan impor tersebut mampu menstabilkan harga pangan menjelang lebaran.

Selain itu, impor daging dan bawang merah seperti yang disebutkan di atas, dilakukan dalam rangka tindak pengendalian pasokan pangan. Mengingat impor komoditas pangan hanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan luar negeri dan bukan atas keinginan pengusaha. Oleh karena itu, impor hanya dipercayakan pada BUMN agar lebih mudah dikontrol oleh pemerintah dan benar-benar berguna untuk masyarakat.

Kemtan hingga saat ini masih terus berupaya menambah lahan produksi bawang merah untuk tahun 2016. Biaya impor bawang merah maupun daging diambil dari dana operasional BUMN karena akan dijual secara komersial.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *