Kemtan Targetkan Integrasi 1 Juta ha Untuk Jagung – Sawit

Untuk memenuhi kebutuhan pabrik pakan ternak, Kementerian Pertanian (Kemtan) berupaya meningkatkan produksi dalam negeri. Salah satu program yang digalakkan yakni penanaman terintegrasi jagung-sawit seluas 1 juta hektare (ha) di seluruh wilayah Indonesia.

 

Gerakan tersebut telah mulai direalisasikan sejak tahun lalu dan mulai dapat dirasakan hasilnya di tahun 2016 ini. Dengan berjalannya gerakan tersebut, diharapkan pendapatan petani sawit akan semakin meningkat. Selain itu, impor jagung juga diharapkan dapat lebih ditekan karena kebutuhan pabrik pakan ternak mampu dipenuhi oleh hasil produksi jagung dalam negeri.

 

Hingga saat ini program penanaman integrasi sawit-jagung telah dijalankan di Sumatera Barat di atas lahan perkebunan sawit dengan luas mencapai 13.000 hingga 14.000. Program integrasi sawit-jagung sendiri dilakukan dengan menanam jagung di lahan kosong perkebunan sawit atau di sela-sela pohon sawit yang satu dengan pohon sawit lainnya. Bantuan benih jagung unggulan juga akan diberikan Kementerian Pertanian (Kemtan) dalam rangka mendorong petani sawit dalam melakukan integrasi.

One thought on “Kemtan Targetkan Integrasi 1 Juta ha Untuk Jagung – Sawit

  • 17 Juli 2016 at 05:34
    Permalink

    Not until we’ve sold at least 3000 eBooks as that will then fund the print run of the book. I can’t afford to risk paying for a print run with the limited finances I have, particularly if it don28&#es17;t then sell.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *