Harga Referensi Menurun, Ekspor CPO Juni Tetap Terkena BK

Kementerian Perdagangan (Kemdag) mengeluarkan kebijakan harga referensi untuk produk minyak sawit atau Crude Palm Oil (CPO) untuk penetapan Bea Keluar (BK) periode Juni 2016 sebesar US$751,55 per metrik ton (MT).

Kendati saat ini harga CPO masih bergerak turun sekitar 0,34% atau US$ 2,55 dari periode Mei yang mencapai US$754,10 per MT, harga referensi tersebut masih berada di atas threshold pengenaan Bea Keluar (BK) pada level US$750 per MT. Oleh karena itu BK untuk ekspor komoditas CPO masih tetap akan diberlakukan. Keputusan tersebut diambil setelah memperhatikan rekomendasi berbagai instansi.

Penetapan Bea Keluar untuk ekspor CPO tersebut di atas tercantum dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 38/M-DAG/PER/5/2016 tentang Penetapan Harga Patokan Ekspor (HPE) atas produk Pertanian dan Kehutanan yang Dikenakan Bea Keluar.

Sedangkan BK CPO untuk periode bulan Juni 2016 tercantum dalam Kolom kedua, lampiran PMK 136 Tahun 2015 sebesar USD 3/MT. Jumlah tersebut tidak berubah atau masih sama dengan Bea Keluar (BK) yang dikenakan terhadap ekspor CPO pada periode bulan Mei 2016 sebesar USD 3/MT.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *