Presiden Jokowi – Menlu Norwegia Ingin Perkuat Kerja Sama Bidang Energi

Menteri Luar Negeri (Menlu) Norwegia Berge Brende melakukan kunjungan kehormatan ke Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta Selasa (31/5).

Presiden Jokowi, melalui kesempatan tersebut menyampaikan dua prioritas penting kerja sama Indonesia – Norwegia. Prioritas pertama adalah bidang lingkungan hidup dan keuangan, terutama kerja sama REDD+ yang telah dilakukan sejak 2010.

Dalam kerja sama RDD+ tersebut, terdapat tiga fase yakni fase persiapan, fase transformasi dan fase implementasi atau kontribusi. Untuk saat ini Indonesia – Norwegia baru berada di fase peralihan dari fase pertama dan kedua.

Adapun prioritas kedua merupakan kerja sama dalam bidang perikanan. Beberapa prioritas dalam bidang perikanan diantaranya pemberantasan IUU Fishing, pengelolaan ikan secara bertanggung jawab dan berkelanjutan serta perikanan budidaya.

Sedangkan pihak Norwegia, menyampaikan bahwa hubungan investasi dan perdagangan terus meningkat berkat Pension Fond yang dimiliki oleh Norwegia. Dimana Pension Fond tersebut merupakan yang terbesar di dunia dan telah menginvestasikan sebesar 1,2 miliar dollar AS di Indonesia.

Selain itu, kerja sama yang dinilai berpotensi untuk diperkuat adalah kerja sama bidang energi, khususnya energi air (hydropower).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *