El Nino dan Isu Moratorium Lahan Sawit Sebabkan Produksi Bibit Sawit Asian Agri Turun

Dampak El Nino yang disertai isu moratorium pembukaan lahan baru perkebunan kelapa sawit mulai dirasakan oleh perusahaan pembibitan kelapa sawit. Salah satunya yakni Asian Agri yang telah memperkirakan bahwa produksi kecambah kelapa sawit di tahun berpotensi turun 15% dari tahun lalu.

Penurunan tersebut terjadi akibat permintaan dari perusahaan perkebunan sawit semakin menurun sebagai dampak El Nino tahun lalu ditambah dengan isu moratorium tanaman sawit di tahun ini.

Dimana moratorium pembukaan lahan sawit baru kelapa sawit berdampak besar terhadap penurunan penjualan kecambah kelapa sawit. Tahun ini, Asian Agri hanya menargetkan produksi 20 juta butir kecambah kelapa sawit. Jumlah tersebut turun 10% – 15% dari realisasi penjualan kecambah di tahun lalu.

Asian Agri akan memproduksi total 20 juta kecambah kelapa sawit untuk tahun ini. Penjualan semester pertama tahun ini telah mencapai hampir 10 juta butir. Dari total produksi yang dimaksud, Asian Agri hanya memanfaatkan sekitar 2 juta butir untuk peremajaan perkebunan sendiri dan sisanya dijual ke petani plasma, petani swadaya dan korporasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *