Presiden Jokowi Tandatangani Pepres Penugasan Ketahanan Pangan BULOG

Dengan pertimbangan menjaga ketersediaan pangan serta stabilitas harga pangan di tingkat produsen dan konsumen dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional, pemerintah memandang perlunya penugasan Perusahaan Umum (Perum) BULOG.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, pada tanggal 25 Mei 2016, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 48 Tahun 2016 tentang Penugasan Kepada Perum BULOG Dalam Rangka Ketahanan Pangan Nasional.

Melalui Pepres tersebut ditegaskan bahwa pemerintah menugaskan kepada Perum BULOG untuk dapat menjaga ketersediaan pangan serta stabilisasi harga pangan di tingkat produsen maupun konsumen untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Pangan sebagaimana dimaksud meliputi jenis pangan pokok seperti beras, jagung, gula, kedelai, minyak goreng, bawang merah, tepung terigu, cabai, daging ayam ras, daging sapi dan telur ayam.

Sementara dalam Pepres tersebut disebutkan bahwa pemerintah menugaskan Perum BULOG untuk menjaga ketersediaan pangan dan stabilitas harga pangan di tingkat produsen dan konsumen khusus jenis pangan pokok seperti beras, jagung serta kedelai. Untuk jenis pangan pokok lainnya melalui Menteri (urusan perdagangan) dapat menugaskan kepada BUMN di luar BULOG atau kepada Perum BULOG dengan persetujuan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintah dalam BUMN.

One thought on “Presiden Jokowi Tandatangani Pepres Penugasan Ketahanan Pangan BULOG

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *