Prospek Industri Barecore Kian Menjanjikan

Prospek industri kayu olahan khusus sengon (barecore) dipandang menjanjikan. Seiring dengan peluang pasar ekspor yang semakin terbuka lebar.

Selama ini Indonesia telah mengekspor bahan kayu olahan dari sengon laut sebesar 3.500 kontainer setiap bulan, meskipun tidak banyak yang terekspos.

Sengon adalah jenis soft wood dengan karakteristik mudah dibentuk, memiliki ketahanan baik serta termasuk sebagai produk olahan kayu ramah lingkungan dengan nilai ekonomis tinggi.

Selain itu, sengon termasuk jenis kayu yang dihasilkan dari hutan tropis Indonesia serta menjadi jenis komoditas yang tidak banyak dihasilkan negara-negara tetangga. Pohon dalam kategori ini cepat tumbuh (fast growing species) sehingga dalam kurun waktu 5 tahun sudah dapat dipanen.

Produk kayu olahan dari sengon dapat menjadi barecore, plywood, Blockboard, fancy laminated dan sejumlah produk olahan dengan Value added yang selama ini banyak diekspor ke Mexico, Jepang, USA dan Eropa.

Daerah penghasil kayu sengon di Indonesia tersebar di seluruh pulau Jawa dan Kalimantan sebagai hasil dari perkebunan hutan rakyat.

One thought on “Prospek Industri Barecore Kian Menjanjikan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *