Ribuan Perda Bermasalah Segera Dibubarkan

Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, pemerintah akan segera mengumumkan pembatalan ribuan peraturan daerah (Perda) dan peraturan kepala daerah bermasalah yang dinilai menjadi penghambat laju investasi.

Terdapat dua tim yang bertugas untuk menyaring ribuan Perda bermasalah tersebut, tim pertama dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan tim kedua dari pemerintah provinsi (Pemprov).

Sebelumnya dalam beberapa kesempatan, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan kepada Mendagri Tjahyo Kumolo agar segera mencabut s

Ribuan Perda Bermasalah Segera Dibubarkan

ekitar 3.000 Perda bermasalah dari seluruh daerah yang ada di tanah air. Mengingat bertentangan dengan undang-undang, membebankan berbagai tarif kepada masyarakat dan menghambat perizinan.

Perda yang akan segera diumumkan dan telah dicabut tersebut merupakan regulasi yang dianggap menjadi penghambat investasi, retribusi dan perizinan. Sementara penilaian yang lain seperti bertentangan dengan undang-undang di atasnya serta diskriminasi akan masuk ke dalam tahap yang selanjutnya. Terlebih selama ini terlalu banyak persoalan yang terjadi di daerah akibat berbelitnya aturan atau Perda bermasalah seperti disebutkan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *