Harga CPO Masih Alami Koreksi

Tekanan yang datang bagi komoditas CPO menjadikan harga koreksi jangka pendek. Meskipun tren bullish jangka panjang juga masih belum berubah.

Mengutip Bloomberg, Rabu (15/6) pukul 14.35 WIB harga CPO untuk kontrak pengiriman Agustus 2016 di Malaysia Derivative Excange tergerus 1,61 ke level RM 2.441 per metrik ton dibandingkan dengan hari sebelumnya. Padahal selama sepekan terakhir harga CPO tergerus 5,71%.

Selain itu, impor CPO India Mei 2016 jatuh ke level 657.454 ton dibandingkan Mei 2015 dengan 907.347 ton. Pemerintah Malaysia sendiri menaikkan pajak impor CPO per Juli 2016 nanti menjadi 6% dibandingkan dengan pajak impor pada bulan Juni ini yang hanya 5,5%.

Harga CPO bahkan dapat dipastikan kembali tertekan jika The Fed menahan suku bunga maupun melemparkan pernyataan dovish, menyusul peluang penguatan Ringgit Malaysia. Akan tetapi jika justru sebaliknya, bukan tidak mungkin CPO mampu mendapatkan ruang rebound sementara.

Mengingat secara fundamental, CPO masih dilingkupi jajaran katalis positif. Dimulai dari ekspor tinggi dengan cadangan yang belum pulih ke level normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *