Sektor Pertanian Terganggu Perubahan Iklim

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyatakan perubahan iklim yang terjadi beberapa waktu terakhir telah sangat mempengaruhi sektor pertanian. Dimana akibat pengaruh perubahan iklim yang signifikan, dibutuhkan adanya pola perencanaan pembangunan dengan pertimbangan risiko iklim.

Perubahan pola perencanaan tersebut juga perlu dilakukan sejalan dengan modernisasi lembaga informasi iklim dan caca, atau di Indonesia berada di bawah BMKG.

KLHK saat ini telah membangun sistem informasi data indeks kerentanan Sinergi Sistem Inventarisasi Data Indeks Kerentanan (SIDIK) dan data Indeks Risiko Bencana (IRB).

Meskipun belum dapat dikatakan sempurna karena membutuhkan validasi data dari wilayah setempat untuk kajian kerentanannya, diharapkan sistem tersebut dapat membantu perencanaan pembangunan wilayah dalam melakukan adaptasi perubahan iklim.

Dampaknya di masa depan dapat membantu daerah memetakan kerentanan di wilayah masing-masing sehingga akan lebih fokus pada sejumlah sektor yang tidak rentan.

One thought on “Sektor Pertanian Terganggu Perubahan Iklim

  • 17 Juli 2016 at 04:26
    Permalink

    You mean I don’t have to pay for expert advice like this aneoyrm?!

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *