CPO Rawan Tertekan Akibat Penurunan Impor India

Impor crude palm oil (CPO) alias minyak sawit mentah India kemungkinan mengalami penurunan di bulan Juni. Permintaan yang kian melemah sekaligus angka pasokan yang mendekati rekor tertinggi menjadi penyebab angka pembelian menurun.

Dari lima perkiraan dalam survey Bloomberg terhadap pengolah, analis dan pedagang, rata-rata penurunan impor CPO India untuk bulan Juni mencapai 18% menjadi 600.000 metrik ton dibanding periode yang sama tahun lalu.

Total pembelian minyak sayur, termasuk minyak bunga matahari dan minyak kedelai naik 12% menjadi 1,14 juta ton. Lebih lanjut, The Solvent Extractors Association of India akan merilis data resminya pertengahan bulan ini.

Permintaan yang melemah menjadikan harga CPO berada dalam tren melemah. Mengutip Bloomberg, Rabu (1/7) pukul 14.13 WIB, harga CPO untuk kontrak pengiriman September 2016 di Malaysia Derivative Exchange menguat 1,9% ke level RM 2.230 per metrik ton setelah sebelumnya sempat menyentuh level terendah tahun ini pada US$ 2.188 per metrik ton pada Selasa (12/7).

Gondrej International Ltd memprediksi pelemahan harga semakin memburuk jika cadangan terus meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *