Mendag Klaim Komoditas Perdagangan Indonesia Membaik

Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong menyampaikan bahwa harga-harga komoditas perdagangan sudah membaik. Akan tetapi, ia menilai perbaikan harga tersebut masih belum menyeluruh.

Harga batu bara sebagai komoditas ekspor andalan Indonesia misalnya, mampu menembus level tertinggi sejak Juli 2015. Pada Rabu (1/7), harga batu bara untuk kontrak Juli 2016 naik 0,5 poin atau 0,87% menuju 8,20 dollar AS per ton.

Kenaikan harga batu bara tersebut disebabkan oleh produksi batu bara di Cina yang berkurang. Seperti yang diketahui, Cina merupakan konsumen batu bara terbesar di dunia.

Akan tetapi, harga CPO masih turun menuju level yang mengkhawatirkan. Sejak 3 bulan terakhir, harga komoditas andalan Indonesia ini turun hingga 20%. Padahal, CPO merupakan komoditas ekspor migas nomor satu Indonesia.

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mencatat, ekspor CPO dan komoditas turunannya asal Indonesia mencapai 26,40 juta ton pada tahun 2015 atau naik 21% dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 21,76 juta ton.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *