Indesso Aroma Ekspor Minyak Cengkih

Bisnis makanan menjadi bisnis dengan peluang yang semakin tumbuh seiring penambahan jumlah penduduk. Setali tiga uang, pertumbuhan bisnis makanan disertai dengan pertumbuhan bisnis bahan baku makanan.

Sala satu pebisnis lokal yang menuai keuntungan dari bisnis bahan baku makanan adalah PT Indesso Aroma, produsen minyak atsiri layaknya minyak cengkeh. Perusahaan yang didirikan oleh Robertus Hartanto Gunawan sejak 1968 tersebut telah melakukan ekspor ke-34 negara di berbagai benua.

Selain minyak cengkeh, Indesso juga telah mengembangkan produksi baru berupa savory ingredients, ekstraksi botanika dan blend sweetener. Indesso kini mengoperasikan pabrik yang berlokasi di Cileungsi dan Purwokerto.

Khusus bisnis minyak cengkeh, Indesso secara global mengklaim telah menguasai pangsa pasar 65%. Kendati demikian, perusahaan yang bergerak dalam bisnis bahan baku makanan dan aroma tersebut memiliki banyak tantangan bisnis. Karena, bisnis makanan adalah bisnis yang banyak diatur. Dapat dikatakan bahwa bisnis makanan tergolong bisnis yang paling ketat terkait regulasi setelah industri farmasi.

Selain menjadi perusahaan manufaktur, Indesso tercatat sebagai perusahaan pemegang distribusi bahan baku makanan impor dari Nexira, Firmenich, Chr. Hansen, PureCircle, dan Ballantyne di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *