Harga CPO Terbang ke Level RM 2.593 Per Metrik Ton

Harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) selama sepekan ini terus terbang tinggi. Laju CPO ini sejalan dengan pergerakan harga untuk produk substitusi seperti halnya minyak kedelai.

Mengutip Bloomberg, Senin (15/8) pukul 14.15 harga CPO untuk kontrak pengiriman Oktober 2016 di Malaysia Derivative Exchange terbang 2,69% ke level RM 2.593 per metrik ton dibandingkan hari sebelumnya. Selama sepekan terakhir, harga CPO sudah melesat 5,15%.

Keberadaan produk substitusi sepert minyak kedelai dinilai turut mempengaruhi harga CPO dalam arti positif. Harga minyak kedelai yang menguat memberikan pengaruh besar terhadap melambungnya CPO.

Harga kedelai yang meningkat diperkirakan karena konsumen yang mulai beralih dari CPO menjadi pengguna minyak kedelai layaknya konsumen India. Hal tersebut juga terbukti dari ekspor CPO India yang menurun 40% menjadi 585 ton pada bulan Juli 2016 dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, sentimen lainnya yang turut mempengaruhi harga CPO adalah harga minyak yang melonjak sejak Kamis (11/8). Harga minyak mentah yang terbang diprediksi akan turut berpengaruh terhadap naiknya komoditas lain seperti CPO.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *