KKP Tanam Cemara Laut di Pulau Enggano

Bukan hanya ditunjuk sebagai pusat peringatan nasional HUT RI ke-71 pulau-pulau kecil terluar, Pulau Enggano juga masuk ke dalam program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai Sentral Pembangunan Perikanan Terpadu.

Mengutip situs Setkab, melalui momentum hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, KKP bersama Pemprov Bengkulu mengadakan sejumlah kegiatan sebagai bentuk kerja nyata dalam percepatan pembangunan Pulau Enggano.

Kegiatan yang dimaksud diantaranya Penanaman Cemara Laut di Desa Malakoni, Pulau Enggano serta Transplantasi Terumbu Karang di Pulau Dua sebagai salah satu dari 6 pulau dalam gugusan Pulau Enggano yang dilaksanakan pada Rabu (16/8).

Kegiatan transplantasi terumbu karang menjadi awal kerja nyata percepatan pembangunan Pulau Enggano yang selanjutnya akan mengajak pelaku-pelaku usaha bidang perikanan menjaga terumbu karang. Disampaikan pula bahwa Dinas Kelautan dan Perikanan akan mengkaji perairan di Pulau Enggano sebagai pembesaran lobster dan ikan kerapu.

Pulau Enggano ke depannya diharapkan dapat menjadi lokasi wisata, perikanan tangkap serta pertanian, khususnya produksi pisang. Kerja sama, koordinasi, dan keterpaduan adalah kunci dari keberhasilan pengelolaan Pulau Enggano serta pulau-pulau kecil terluar yang lain dalam mencapai kemandirian.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *