Serikat Pekerja PGN Tolak Holding Migas

Gagasan Kementerian BUMN menyebabkan penolakan holding Migas dari serikat pekerja PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Pasalnya, serikat pekerja PGN mencurigai upaya holding dengan Pertamina dengan menguasai PGN menjadi bentuk pengkerdilan PGN sebagai pesaing terdekatnya. Sebagaimana yang diketahui, anak usaha Pertamina yaitu Pertagas merupakan kompetitor PGN.

Mengutip Kontan, Ketua Umum Serikat Pekerja PGN, M. Rasyid Ridha menyampaikan bila upaya ini terjadi kemungkinan memicu munculnya konflik kepentingan. Tentunya Pertamina tidak ingin bisnis miliknya lesu akibat penyaluran gas milik PGN yang terus meluas. M. Rasyid Ridha mengungkapkan menolak konsep akusisi terhadap PGN karena hal tersebut akan kontraproduktif terhadap bisnis PGN.

Ketua Umum Serikat Pekerja PGN juga menyarankan agar konsep holding yang tepat yakni konsep yang memperkuat perusahaan-perusahaan BUMN dalam bidang energi. Dalam hal ini ia mencotohkan pemerintah sudah seharusnya memperkuat PLN pada sektor kelistrikan, PGN dalam sektor gas bumi, dan Pertamina di sektor produksi hulu minyak. Sehingga yang dinillai tepat yakni holding BUMN energi di bawah PGN, Pertamina dan PLN.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *