Kenaikan Harga Masih Wacana, YLKI Ingatkan Pemerintah Tentang Rokok Ilegal

Sekretaris Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Agus Suyatno mengingatkan pemerintah agar lebih waspada mengenai beredarnya rokok ilegal seandainya wacana kenaikan haarga rokok Rp 50.000 per bungkus benar-benar direalisasikan.

Berdasarkan laporan Kontan, meskipun menyatakan mendukung keputusan pemerintah untuk menaikkan harga rokok, Agus tetap meminta pemerintah mewaspadai beredarnya rokok ilegal yang dijual dengan harga murah. Terlebih karena anak-anak dibawah umur merupakan sasaran empuk rokok ilegal tersebut.

Tenpa pengawasan ketat dari pemerintah, harga rokok yang meningkat akan memicu peningkatan konsumsi rokok ilegal oleh kalangan anak-anak. Dimana anak-anak dibawah umur diprediksi akan beralih untuk mengonsumsi rokok ilegal yang dijual dengan harga di bawah rokok legal.

Hingga saat ini, rokok ilegal di pasaran masih sangat marak. Di sepanjang 2016 ini saja, Direktur Jenderal Bea dan Cukai menyampaikan sudah menindak sebanyak 1.300 peredaran rokok ilegal.

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Komunikasi dan Publikasi Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Deni Surjantoro mengungkapkan bahwa pihaknya berkomitmen penuh dalam melakukan penindaan terhadap peredaran rokok ilegal.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *