Katalis Negatif India Tekan Harga CPO

Harga minyak sawit mentah atau CPO masih mampu mempertahankan performa positifnya meskipun terserang katalis negatif dari India. Mengutip Bloomberg, Jumat (9/9) pukul 11.04 WIB harga CPO untuk kontrak pengiriman November 2016 di Malaysia Derivative Exchange turun 0,73% di level RM 2.628 per metrik ton dibanding hari sebelumnya.

Biasanya permintaan India akan aik mendekati festival Hindu terbesar di negara tersebut. Sehingga, hal tersebut akan mengerek permintaan untuk September hingga November. Alasannya adalah pada musim festival, pelaku pasar lebih banyak mengonsumsi makanan hingga manisan yang dalam pembuatannya membutuhkan lebih banyak minyak sawit.  Sebagai gambaran, India menggunakan CPO sebagai 70% komponen rumah tangga.

Namun, saat ini memang yang datang dari India justru katalis negatif. Diprediksi impor CPO India untuk Agustus 2016 turun 2,5 % ke level 790.000 metrik ton dibandingkan Agustus 2015 lalu. Jika hal tersebut benar-benar terjadi, maka impor India akan turun selama emmpat bulan berturut-turut.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *