Anggaran Instansi Prioritas Berpotensi Naik

Pemerintah berjanji  akan menaikkan nilai anggaran sejumlah kementerian dan lembaga (K/L) yang dinilai memiliki program prioritas pada tahun 2017.

Terkait keputusan tersebut, pemerintah akan menggunakan sistem money follow program terhitung mulai tahun 2017. Dimana sistem tersebut akan mengalokasikan anggaran berdasarkan program dan bukan lagi berdasarkan fungsi.

Mengutip Kontan, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyampaikan bahwa kementerian yang dinilai tidak memiliki program prioritas nasional, nilai anggarannya akan diturunkan. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mempertajam program propritas pembangunan nasional, yakni meminimalisasi nomenklatur yang tidak jelas. Dengan demikian diharapkan pembangunan menjadi lebih tepat sasaran dan dapat memberikan dampak langsung kepada masyarakat.

Dalam RAPBN 2017 dengan pagu anggaran K/L Rp 758,4 triliun, terdapat total 23 instansi yang anggarannya akan dinaikkan. Dengan demikian, 64 instansi lainnya akan dikurangi nilai anggarannya. Bambang Brodjonegoro juga mencotohkan, instansi yang nilai anggarannya akan dinaikkan dalam impelementasi program kedaulatan pangan antara lain adalah Kementan, Kementerian Agraria, dan Kementerian LHK.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *