KKP Diminta Danai Proyek Natuna

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dorong PT Perikanan Nusantara (Perinus) untuk turut serta dalam proyek percepatan pengembangan sektor perikanan dengan menjadi operator di Kepulauan Natuna.

Mengutip Kontan, Direktur Utama Perinus Usman Perdanakusuma mengaku siap, namun dana menjadi hambatan dalam mewujudkan hal tersebut. Dalam rangka menjadikan industri terintegrasi membutuhkan dana sangat besar, dana pinjaman yang hanya didapat dari bank dinilai tidak mencukupi.

Untuk menjadikan industri terintegrasi membutuhkan dana yang besar, jika hanya mengandalkan dana pinjaman dari bank tidak akan mencukupi. Sementara, dana PNNM senilai Rp 200 miliar tidak dianggarkan untuk ekspansi di Natuna.

Untuk memaksimalkan potensi perikanan di Natuna, menurut Usman tidak bisa hanya membangun cold storage tapi juga kapal tangkap berukuran 200 GT, pabrik pengolahan, kapal angkut, sarana dan prasarana bagi nelayan seperti perumahan dan lainnya, serta strategi pengiriman ikan ke pasar luar negeri.

Usman menambahkan, hasil perikanan Natuna idealnya ditujukan untuk ekspor luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *