KKP Luncurkan Sistem Pemantau Kapal

Peluncuran Global Fishing Watch resmi dilakukan secara global. Platform teknologi hasil kolaborasi antara Google, Oceana dan SkuTruth menunjuk Indonesia sebagai negara pertama di dunia yang memberikan komitmen dalam berbagai data Sistem Pemantauan Kapal (Vessel Monitoring System).

Ini menjadi terobosan terbaru bagi Indonesia dalam mendorong kebijakan penegakan hukum secara global, dalam membebaskan perairan Indonesia dari praktik penangkapan ikan secara ilegal.

Melalui Glonal Fishing Watch, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memaparkan, data kapal perikanan yang beriperasi di 11 Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP), termasuu menggerakkan kapal yang terekam Sistem Pemantaua Kapal (*Vessel Monitoring System/VMS*). Sehingga, publik mampu mengakses data tersebut secara bebas melalui situs globalfishingwatch.org.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti merasa yakin bahwa kolaborasi dengan Google, Oceana dan SyTruth dapat menjadi langkah aksi yang efektif dalam memberantas aktivitas Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing di perairan Indonesia maupuan negara lain.

IUU Fishing sendiri merupakan kejahatan global dan untuk mengakhirinya perlu menggunakan perangkat yang dapat mengawasi serta mencatat semua kegiatan penangkapan ikan di perairan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *